3/10/2015

5 hal yang bisa kalian lakuin kalo penerbangan delay

Sebagai negara kepualauan, transportasi pesawat terbang bisa dibilang sangat vital kegunaannya bagi rakyat Indonesia. Dikarenakan naik kapal dimasa kini dianggap sesuatu yang gak praktis sama sekali dan rada membuang waktu dan terlalu hipster. Lagi pula masa kini sudah marak maskapai low-budget yang ramah dikantong dan berkualitas (baca : layak terbang).

Gemar berpergian dengan pesawat terbang maka sist&bro sekalian pasti sangat kenal baik dengan kata "delay" yang artinya penundaan waktu terbang sehingga meninggalkan segores luka dihati ratusan penumpang. Karena bisa diumpamakan kalau delay sedetik bisa rusak schedule seharian.

Mending delaynya 15-45 menit, ini delaynya 5 jam, yes bro, sist, 5 JAM!!!
Dan saya mengalaminya beberapa waktu lalu, dimana seharusnya pesawat saya, Jogjakarta - Cengkareng, seharusnya take off pada 12 pm teng dan diundur sampai jam 5 pm sekian. Tapi alasannya sih acceptable, karena cuaca yang buruk sepanjang rute dan padatnya air traffic dikala itu. Sebagai orang yang suka cari aman, yowes saya pasrah-pasrah aja. Daripada-daripada toh...... amit-amit. Untung saat itu saya berpergian sama dua orang teman, jadi yah gak mati bosan di ruang tunggu yang padatnya udah kayak kaleng sarden karena penumpukan penumpang yang semuanya bernasib sama, kemanapun terbangnya apapun maskapainya, semuanya di delay.

Yaudah biarlah berlalu, semoga hal itu tidak terjadi lagi sama saya dan kalian-kalian. Tapi kalau emang ketidak beruntungan datang kepada kalian, nih saya bagi-bagi tips menghabiskan waktu apabila pesawat kalian di delay!

1. DENGERIN LAGU FAVORIT KALIAN PAKE EARPHONE, VOLUME MAKSIMAL
Cara paling ampuh untuk membunuh waktu adalah dengerin lagu. Pasang mode shuffle agar penuh kejutan, rasanya mungkin super random dan agak sebel ketika sedang asik dengerin Happy - Pharrell Williams lalu lagu selanjutnya malah Bila Rasa Ini Rasamu - Kerispatih. Itu malah triknya! bro&sist pada gak bakal larut dalam satu playlist band berlagu mendayu-dayu ataupun emang playlist galau favorit kalian yag dibuat dengan tujuan mengenang mantan. NO NO NO! kita udah keki nungguin pesawat di delay, jangan dibikin down lagi karena terngiang-ngiang kenangan lalu yang manis-pahit gimanah gitu :')
YANG DIPERLUKAN : music player (your phone, ipod, mp3 player, walkman, whatevah) dan earphone/headset
PRO : bro&sist bisa berkhayal kalau lo adalah model di video klip lagi yang didenger.
CONS : lo dicap anti sosial sama orang sekeliling lo, karena pake earphone secara gak langsung mendadakan "Jangan ganggu saya ya Tante/Om."

 
#nowplaying Cita Citata - Sakitnya Tuh Disini


2. MEMBACA BUKU/E-BOOK/KORAN/MAJALAH/EBOOK/PAMFLET/BROSUR/DAFTAR HARGA/TABEL KALORI/DLL
Cara lain yang gak kalah ampuhnya adalah membaca. Memang gak semua orang suka membaca tapi yah kalau terpaksa terperangkap bego berjam-jam dan parahnya lagi travel sendirian ada baiknya bro&sist sekalian  memilih untuk duduk kalem dan membaca sesuatu. Makanya, sangat baik bila anda berpergian kemana pun tuk bawa satu buku bacaan, usahakan yang kecil dan compact dan bukan hardcover please. Gak bawa bahan bacaan? Masa kini di airport-airport di Indonesia sudah banyak tersedia toko buku, baik yang agak "wah" semacam Periplus atau yang biasa-biasa aja yang hanya menyediakan sejenis majalah Trubus dan buku "1001 Tips Menanam Tanaman Palawija Dalam Pot". Keluarkanlah sedikit receh dan effort, kalau malas beli buku yang tebal karena gak yakin bisa sukses dibaca sampe tamat maka belilah koran harian yang bisa dibaca sekali duduk. Masih merasa malas? Ke tong sampah, ambil sampah bekas bungkus makanan, baca bahan-bahan dan tabel kalorinya, okesipbye.
YANG DIPERLUKAN : bahan bacaan, printed or digital terserah qaqa ajah
PRO : selain menambah pengetahuan akan sesuatu, anda akan dipandang "cerdas" dan "sibuk" oleh orang sekitar anda. sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui kan :p
CONS : lagi-lagi beresiko tinggi dicap sebagai anti sosial sama orang-orang sekitar karena secara gak langsung dijidat lo seakan terpampang "Sayah sibuk, sayah merasah cerdas dan saya malas bicarah samah kamuh."


3. PERGI KE CAFE ATAU MBAK-MBAK JUALAN TEDEKAT, BELI MAKANAN DAN NYEMIL SELAMA NUNGGU
Di ruang tunggu airport masa kini biasanya dengan gampang bro&sist bisa menenemukan cafe atau penjual makanan. Mulai dari franchise coffe shop paling hits sampe mbak-mbak jualan pop mie. Ada baiknya bro&sist mengecek dompet dulu sebelum melakukan pilihan yang ini. Kalau bro&sist gak bawa bekal dari rumah atau luar airport, artinya pilihan ini lebih baik kalian lakukan emang kalau kalian punya budget lebih!!! Plis... kalian pasti tau kan harga makanan di airport selalu fantastis dan gak masuk akal mahalnya, sebotol mineral water dihargai IDR10ribu dan seporsi Pop Mie bisa sampai IDR20ribu. Dengernya aja udah bikin dompet melengos pasrah :(
YANG DIPERLUKAN : uang berlebih dan hati yang ikhlas
PRO : kamu tidak akan haus dan lapar
CONS : kamu bakal sakit disini nih... (ngelus dada dan dompet)

Enak di mulut, perih di dompet.


4. RIBUT DI SOSMED
Mungkin bro&sist bukanlah tipikal manusia yang bisa kalem dalam keadaan seperti ini dan malu kalau mesti ngomel-ngomel kesel didepan khalayak umum. Iniah saat bro&sist bisa mengeluarkan hp, buka sosmed paling favorite dan lakukanlah yang bro&sist mau. Mungkin cuma balesin chat orang, ngescroll Instagram ngebacain komen-komen di instagramnya para artis atau love-love-in post di Path dengan harapan post lo bakal di-love balik (dan hati lo juga, ehm) atau nulis review tentang maskapai yang sedang delay di blog pribadi bro&sist sambil berkoar-koar berharap keadilan. Terserah you-you aja gimana, asalkan sosmednya dipakai dengan bijaksana dan santun #dewasabersosmed
YANG DIPERLUKAN : gadget, paket internet dengan quota mencukupi/wifi setempat, chargeran/powerbank
PRO : kamu bakal hepi, puas, merasa waktu kamu lebih bermanfaat dan kalau ada yang like yang kamu post kamu merasa diperhatiin :3
CONS : kalau gak bawa charger atau powerbank siap-siap aja gak bisa ngabarin orang yang ngejemput di bandara destinasi (kalau ada yang jemput), dianggap kecanduan gadget sama tante-tante disebelah lo.


4. NGOBROL DENGAN ORANG KANAN-KIRI
Bro&sist suka ngobrol atau bercerita atau suka ngebacot atau malah berpidato? Maka tak ada salahnya momen delay diruang tunggu yang penuh ratusan manusia ini bro&sist jadikan panggung tuk bersilat lidah (in positive way loh ya maksudnya)
YANG DIPERLUKAN : keberanian, ramah tamah dan beberapa topik pembicaraan
PRO : melatih sifat sosial bro&sist sebagai makhluk sosial, memperluas silahturahmi, mungkin bisa jadi ajang pencarian calon istri/suami
CONS : asalkan bro&sist gak bertingkah creepy dan yang diajak ngobrol bukan tipikal manusia yang creepy(dan kepo), pasti semuanya kan baik-baik saja, percayalah!

Sendirian dek? Syini syini, abang temenin.


5. TIDUR
Jika keempat cara diatas dirasa membuat bro&sist lelah akan kerasnya dunia, tidur bolehlah jadi pilihan yang aman. Emang kadang rada cemas buat tidur ditempat umum, takut iler netes lah atau ngorok kenceng lah atau jadi bahan omongan orang. Tenang, tidurlah sebelum kami ditiduri #loh. Dan siapa tau aja bisa mimpi sampai tempat tujuan, mimpi doang tapi, krik...
YANG DIPERLUKAN : tempat yang proper dan nyaman tidaknya itu urusan anda, eye mask dan ear plug
PRO : menabung energi + membuang waktu
CONS : kalau ada travelmate punya resiko foto aib bro&sist lagi ngorok ditempat umum kesebar di sosmed, kalau travel sendirian hati-hati bablas tidurnya trus miss flight loh!

Dunia keras, daku lelah.


Semoga membantu and have a nice flight!

No comments:

Post a Comment